13 Juni 2008

Mari BERGEMBIRA BERSAMA

Berbicaralah dengan kata-kata yang membangkitkan kebahagiaan dan sikap positif, Kata-kata bisa mempengaruhi emosi dan sikap Anda. Orang yang pesimistis cenderung menggunakan kata-kata yang menimbulkan sikap yang tidak semangat, sedankan oang yang optimistis menggunakan kata-kata yang memacu semangat. Misalnya “saya tertantang” untuk orang yang optimistis, sedang orang yang pesimis “saya terbebani.”


- Berolahraga
Penelitian mengungkapkan kaitan antara olahraga dengan mood. Aerobik, misalnya, dipercaya sangat manjur untuk membangkitkan mood yang positif. Orang yang berolahraga secara teratur pada umumnya kebih bahagia.

- Senantiasa mengekspresikan diri Anda
Dengan membuat catatan-catatan kecil di buku harian, ngobrol dengan seorang teman, melukis, dan sebagainya.

- Memanjakan diri sendiri
Dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri, membuat Anda seseorang yang lebih menyenangkan.

- Dengarkan musik yang riang
“Hampir tidak mungkin Anda tetap berada dalam kesedihan saat mendengarkan musik yang riang,” kata Deon Dunn, Ph.D,. pendiri Resiliency Institute of Personal Growth di Salt Lake City, Amerika.

- Miliki cita-cita
Mempunyai impian, minat, alasan untuk bangun setiap hari dengan nyaman, dan kontrol terhadap kehidupan Anda, adalah komponen-komponen penting untuk merasa menjadi seorang manusia yang bahagia.

- Berhenti berharap atau bergantung pada orang lain
Kebahagiaan tidak tergantung pada orang lain tapi pada diri sendiri. Karena Anda sendiri yang dapat menentukan kehidupan Anda selanjutnya.
Pertahankan hubungan dengan orang-orang terdekat yang membuat Anda bahagia Ini bisa membangkitkan semangat Anda, karena rasa bahagia itu menular dan dapat ditularkan.

- Sadari bahwa setiap masalah ada solusinya,
Hampir setiap masalah bisa diselesaikan dengan lebih dari satu cara. Jadi, sebelum Anda merasa masalah yang tengah Anda hadapi itu tidak mungkin dipecahkan, pikirkan enam atau tujuh cara yang mungkin bisa Anda lakukan, lalu pilih yang terbaik. Memecahkan masalah membuat kita memiliki kemampuan mengontrol diri.

- Libatkan Anda pada kegiatan sosial
Penelitian mengungkapakan bahwa menjadi relawan memberi manfaat yang sangat besar bagi jiwa Anda. Ini membuat Anda menemukan ketenangan dan optimisme.

- spiritualisme
Bukan menjadi orang yang pasrah dan nrimo saja. Tetapi Anda mempunyai keyakinan bahwa sebagai manusia kita berusaha, namun Tuhan yang menentukan.

Tidak ada komentar: